• Friday, September 8, 2017

    Teknik informatika adalah sebuah program studi dari jurusan komputer yang bergerak dibidang IT. Lulusan teknik informatika diharapakan untuk bisa mengatasi sebuah masalah dalam melakukan sebuah permasalahan baik didalam suatu program maupun jaringan.

    Lulusan teknik informatika diindonesia sangatlah banyak, para perusahaan sangat membutuhkan para lulusan teknik informatika untuk memaksimalkan kinerja perusahaannya. Baik dalam keamanan data perusahaan, jaringan perusahaan dan pembuatan sebuah aplikasi yang digunakan untuk kelancaran dari kinerja anggota perusahaan maupun konsumen.

    Namun tahukah anda seberapa besar gaji lulusan teknik informatika yang berkerja diberbagai perusahaan maupun bekerja secara sendiri?. Berikut ulasan prospek kerja beserta gaji lulusan teknik Informatika berdasarkan bidang yang dikuasai.

    1.   Junior Programmer
    Cukup banyak lulusan teknik informatika yang akhirnya menjadi programmer handal, atau memulai karirnya dari Junior Programmer. Pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang IT biasanya mencari programmer yang bisa menguasai Bahasa Java , C++ dan Visual Basic. Dan ada juga namanya web Programmer ilmu yang harus mereka kuasai adalah      HTML / XML, ASP, PHP, Cold Fusion. Untuk Pemrograman berjenis database maka perusahaan akan lebih cendrung mencari programmer yang lebih handal mengunakan Bahasa SQL.

    Kisaran gaji tiap bulan yang biasanya didapat oleh Junior Programmer adalah sekitar Rp 6 Juta.
    Untuk prospek kerja untuk Junior Programmer sangatlah tinggi karena perusahaan berskala kecil maupun besar akan memerlukan karyawan untuk pengembangan software maupun pengolahan data perusahaan (database).

    2.   Sysem Analyst 
    Sistem analis adalah sesorang yang dituntu untuk bisa menganalisa maupun mendesain system yang akan digunakan atau system yang ingin dirancang oleh client (system definition), pengerjaan database (system implementation) hingga ke pengenalan perangkat keras (hardware). Tak lupa para sistem analis harus memiliki kemapuan untuk menghitung anggaran (budgeting) yang akan dipakai saat pengerjaan suatu sitem.
    Dalam kehidupan sehari-hari dalam melakasanakan suatu pekerjaan programmer dan sistem analis akan  bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas, sistem analis bertugas untuk mendesain untuk sistem yang akan dibuat sedangkan programmer bertugas untuk mewujudkan sistem tersebut dengan mengunakan berbagai bahasa pemrograman.

    Kisaran gaji tiap bulan yang biasanya diperoleh oleh sistem analis tidak jauh berbeda dengan seoranga junior programmer yaitu kisaran Rp 6 Juta.
    Untuk prospek kerjanya para sistem analis sangat dibutuhkan oleh perusahaan berskala besar maupun kecil mulai dari perusahaan teknologi maupun perusahaan seperti rokok, kosmetik maupun perusahaan yang berjalan dibidan e-commerce seperti lazada, tokopedia dan bukalapak.

    3.   Guru IT (IT Manager)
    Para IT manager dituntut untuk menguasai semua bidang yang berhubungan dengan teknologi informasi, ditambah pengalaman kerja dimulai dari 5 tahun sampai dengan 10 tahun maupun lebih.
    Tentunya pengalaman tersebut digunakan untuk menguasai akan bahasa pemrograman, sistem jaringan, sistem database, troubleshooting dan people skill.

    Untuk kisaran gaji perbulan seorang IT manager berada dikisaran Rp 15 Juta.
    Untuk prospek kerjanya di Indonesia para IT manager belum dianggap sebagai fungsi yang sangat dibutuhukan perusahaan, perusahaan lebih memilih menyewa seorang yang memiliki keahlian di satu bidang saja daripada memilih orang yang menguasai semua bidang. Tapi dengan pegalaman kerja yang cukup lama itu bisa dijadikan modal untuk menjual diri untuk diterima disebuah perusahaan maupun instansi lainnya.

    4.   Web Designer & Graphic Designer
    Seorang Web Designger & Graphic Designer bertanggung jawab atas antarmuka sebuah situs. Mereka bekerja sama dengan Programmer Web, mereka bertugas untuk merancang sebuah situs baik dari segi isi maupun antarmuka sebuah situs dan untuk seorang Graphic Designer berkerja diluar lingkup situs seperti menjadi staf artistik pada majalah maupun koran.

    Untuk kisaran gaji perbulan seorang Web Designer & Graphic Designer berkisar antara Rp 3 – 4 Juta.
    Prospek kerja Web Designer & Graphic Designer pada sekarang ini sangat besar dikarenakan maraknya situs jual beli online (e-commerce)  dan kisaran banyaknya situs yang muncul tiap minggu hampir 300 situs baru muncul tiap minggu. Hal tersebut akan membuat lapangan perkerjaan untuk seorang Web Designer & Graphic Designer menjadi Most Wanted.

    5.   System Administrator / Network Administrator

    Seorang System Administrator akan dituntut untuk bisa melindungi suatu data dimana mereka dipekerjakan, baik dari keamanan jaringan menyetel komunikasi antar jaringan diperusahaan, setting e-mail server (outlook), FTP server, DNS server dan mereka adalah orang yang akan ditanya bila terjadi masalah / troubleshoot dalam sebuh jaringan.

    Modal yang sangat diperlukan oleh lulusan System Administrator adalah bisa menguasai TCP/IP atau Apple Talk. Serta menguasai keamanan seperti Firelwall maupun antivirus.

    Untuk kisaran gaji perbulan seorang System Administrator berkisar Rp 5 Juta.
    Untuk prospek kerjanya, para lulusan teknik informatika dibidang System Administrator sangatlah besar dikarenakan tiap perusahaan pasti membutuhkan seseorang yang bisa menjamin kemanan dan kelancaran data dari perusahaan tersebut.

    6.   ERP Konsultan (Enterprise Resource Planning Consultant)
    Tugas inti dari seorang EPR Konsultan adalah memberi masukan atau saran untuk pembangunan sebuah sistem dengan software dan database tertentu. Tujuannya supaya perusahaan client dapat berkerja lebih produktif dan efektif.

    Untuk Kisaran gaji perbulan seorang ERP Konsultan tergantung dengan besarnya projek yang mereka rancang, jika projek tersebut merupakan project besar dan bersifat selamanya maka bisa mencapai Rp 3 Miliar, dan jika itu merupakan projek kecil dan bersifat sementara maka biasanya berkisar sebesar Rp 900 Juta.

    Peluang kerja seorang ERP Konsultan sangatlah besar tapi itu harus dimodali oleh pengetahuan yang sangat luas. Sayangnnya di Indonesia untuk seorang ERP Konsultan kurang dicari oleh perusahaan lokal karena bayaran yang diminta cukup mahal, maka kebanyakan yang mempekerjakan seorang ERP Konsultan adalah perusahaan bertaraf Internasional.

    Sekian artikel tentang Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Teknik Informatika di Indonesia  Beserta Bidang yang Dikuasai, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk sipembaca.
    Saran pengarang : Bekerjalah sesuai passion yang anda minati , jangan terpaku dengan gaji yang ditawarkan, karena jika anda memikirkan hasil dari suatu pekerjaan, maka peluang berhasilnya usaha anda akan menjadi lebih kecil dikarenakan itu bukan merupakan passion anda.
      









    0 comments

  • Copyright © - Nisekoi - All Right Reserved

    Kerjaku Info Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan