• Friday, September 8, 2017

    Pekerjaan merupakan sebuah kewajiban pada masa sekarang, dengan adanya pekerjaan manusia dapat mencukupi kebutuhan sehari-harinya tanpa mengalami kendala yang menganggu kehidupannya seperti masalah keuangan yang dapat menyebabkan rusaknya ekonomi dalam sebuah keluarga, dan bisajadi mengakibatkan rumah tangga itu hancur.

    Melamar pekerjaan bukan merupakan sesuatu yang mudah, pada saat melamar anda akan ditanyai beberapa pertanyaan yang harus anda jawab dengan bijak, karena pada saat melamar pekerjaan kesalahan sedikitpun dapat mengakibatkan lamaran anda ditolak mentah-mentah, hal itulah yang mengakibatkan seseorang menjadi putus asa dan patah semangat dan mengakibatkan pengangguran.

    Untuk itu dibutuhkan ketegaran dan rajin berusaha serta berdoa agar lamarannya diterima oleh pihak tempat kamu mendaftar. Baiklah berikut kesalahan-kesalahan yang dapat mengakibatkan anda gagal diterima disaat melamar pekerjaan.

    1.   Mengabaikan peluang saat interview
    Seorang fresh graduate, anda diharapakan untuk memanfaatkan peluang yang ada, kebanyakan dari para pelamar saat ditawari pekerjaan mereka memberikan alasan karena pekerjaan tersebut terlalu sulit atau tidak dikuasai. Setiap pekerjaan akan kita mulai dari awal lama- kelamaan kita akan terbiasa, oleh sebab itu jangan menganggap tawaran pekerjaan itu sulit.

    Saat melakukan interview seorang penanya akan mengasih pertanyaan jawaban yang berisi peluang untuk anda langsung dijadikan seseorang yang layak diterima. Hal ini biasanya dianggap remeh oleh sipelamar dan mengakibatkan lamarnnya ditolak. Pada saat interview digunakan untuk membuktikan kecakapan kita untuk merespon sebuah masalah lewat pertanyaan baik berupa pertanyaan ringan maupun berat. Maka fokuslah mendengar pertanyaan dari sipenanya karena terdapat berbagai peluang saat interview tersebut.

    2.   Mimpi yang terllau tinggin tetapi usaha minim
    Seorang fresh graduate dituntut oleh produktivitas saat bekerja, kesalahan fatal dari para pelamar adalah bermimpi terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan usaha yang dilakukan. Hal ini mengakibatkan lamaran anda akan ditolak, karena anda hanya merupakan seorang pemimpi dan terus menjadi pemimpi. Dalam kehidupan sebelum berlari anda harus merangkak terlebih dahulu , begitu juga dengan melamar pekerjaan, anda tidak bisa langsung menjadi boss, padahal anda minim dalam pengalaman maupun skill. Untuk itu diperlukan menyadari kemampuan anda sendiri dimana skill anda, apa yang harus anda lakukan terlebih dulu , awal yang baik akan mempunyai hasil yang baik, serta sesuaikan semua dengan realita jangan membuat kamu sampai stress jadikan pekerjaan menjadi menyenangkan, jangan menjadikan pekerjaan hanya sebagai fasilitas untuk memperkaya diri, karena salah dalam menjalani pekerjaan akan mengakibatkan penyesalan yang sangat mempengaruhi hidup anda.

    3.   Melamar pekerjaan tidak sesuai dengan bidang yang dikuasai
    Kesalahan ini hampir sama dengan bermimpi terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan usaha. Pekerjaan tidak sekedar cara untuk memiliki uang, pekerjaan juga digunakan untuk sarana penghibur diri dikala bosan. Namun apabila pekerjaan yang dilamar tidak sesuai dibidang yang akan dikuasai maka sangat mustahil untuk anda diterima pada saat melakukan lamaran. Ketika anda ditanya dengan pertanyaan dengan skill yang ada kuasai, rupanya anda tidak dapat mejawab dengan jelas, dan apabila mereka menanyakan bagaimana cara mengatasi suatu masalah , jika skill anda tidak sampai pada tahap itu maka saat itu sudah menjadi titik mati anda, dan dapat dipastikan secara tidak langsung lamaran anda akan ditolak.

    4.   Kurangnya persiapan disaat interview
    Ini merupakan point penting saat melakukan lamaran pekerjaan yaitu interview. Interview pekerjaan digunakan untuk memperlihatkan skill anda, sika panda, kecakapan anda serta kepandaian anda dalam berkerjasama dan komunikasi. Adalakalnya para pelamar merasa sangat grogi hal ini dapat beresiko sangat besar ketika gagal melamar pekerjaan dan ada juga yang pandangan yang terus menghadap kebawah seperti menunduk. Pada saat interview diharapkan pandangan menghadap sipenanya dan memberikan jawaban yang jelas serta bermakna.

    Adakalanya sipenanya menguji si pelamar saat interview, seperti sipenanya menjatuhakn pena kelantai didekat anda, apakah anda berniat mengambil pena tersebut dan mengembalikannya kepada sipenanya, atau membiarkan sipenanya mengambil sendiri pena tersebut. Contoh diatas memiliki nilai kerjasama dan saling tolong menolong jika anda tidak mengambil pena tersebut maka anda akan di cap sebagai orang yang solo atau berkerja sendiri tanpa memperdulikan orang lain.

    5.   Penampilan acak-acakan saat melamar kerja
    Penampilan termasuk hal penting yang harus diperhatikan saat melamar pekerjaan. Tanpa adanya kerapian orang akan menilai anda sebagai pribadi yang asal-asalan apalagi saat melakukan sebuah pekerjaan, kamu tidak perlu make over habis-habisa, kamu hanya cukup mengenakan kemeja rapi dan terlihat sopan.

    6.   Datang terlambat saat melakukan lamaran
    Ini merupakan kesalahan yang sangat-sangat fatal saat melakukan lamaran, kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting ketika melakukan lamaran. Termasuk disipilin waktu, jika anda terlambat anda akan dianggap orang yang lalai dalam melakukan suatu pekerjaan, hal ini sangat beresiko kepada perusahaan yang anda inginkan jika anda berkerja disana. Jangan sampai kamu di cap tidak menghargai waktu.

    7.   Sikap menjelek-jelekan

    Ini merupakan point dari sika anda, jika sedang melakukan wawancara dan anda ditanyakan tentang pekerjaan sebelumnya dan anda menjawab dengan maksud menjelek-jelekan tempat anda bekerja dulu, maka mereka akan menganggap anda bukan orang yang sopan dan dapat dipercaya. Para pelamar dituntut untuk memiliki karakter yang baik, dan tidak beresiko menjelek-jelekan perusahaan.

    8.   Kurangnya persyaratan yang dibawa saat melakukan wawancara
    Keuletan anda akan diuji dengan berbagai persyaratan yang perlu anda lengkapi saat melakukan wawancara. Jika ada persyaratan yang lupa anda bawa dan anda mengunakan alasan ketinggalan maka bisa dipastikan lamaran anda akan ditolak.

    9.   Membuat CV yang tidak akurat atau belum update dan tidak kreatif
    Pada zaman ini anda dituntu selalu update terhadap perkembangan zaman terutama info diri anda sendiri. Pembuatan CV tidak hanya digunakan untuk memaprkan riwayat hidup anda serta pengalaman anda tetapi tidak mungkin CV hanya terdiri dari kertas HVS dan tinta hitam, CV yang biasa-biasa saja akan membuat perusahaan yang membaca lamaran anda menjadi bosan, dan akan berpotensi menjadikan lamaran anda akan ditumpukan aja diurutan paling bawah dan yang paling buruknya lagi anda langsung dieliminasi. Untuk itu sebaiknya anda menambahkan sebuah hal yang bisa menonjolkan kreatifitas anda dalam CV tersebut , misal anda melamar pada perusahaan yang berjalan pada bidang digital agency, kamu sebaiknya membuat CV yang menonjolkan kemampuanmu dibidang tersebut dan menjadikan kamu layak untuk diperhitungkan.

    10.   Mengharapkan gaji selangit
    Terakhir, para pelamar kebanyakan mengharapkan gaji yang sangat tinggi padahal mereka hanya fresh graduate dan belum memiliki pengalaman yang cukup untuk mendapatkan gaji yangtinggi dan bidang dijalankannya masih pada dasar-dasar. Pada saat wawancara adakalanya sipenanya menanyakan berapa gaji yang anda inginkan sebaiknya anda jangan asal-asalan menjawab pertanyaan ini, sesuaikan skill dan bidang anda dengan penghasilan yang sesuai.

    Untuk masalah gaji akan kamu rasakan peningkatannya secara perlahan , anda tidak perlu terburu-buru untuk mendapatkan gaji yang besar, semakin produktivitas anda maka peluang untuk gaji anda dinaikkan akan semakin besar.

    Sekian artikel tentang Kesalahan yang menyebabkan gagal diterima saat melamar pekerjaan dan menjadi pengangguran, diharapkan para pelamar dapat memnimalisi berbagai kesalahan yang sangat beresiko untuk menjadikan lamaran kita ditolak.









    0 comments

  • Copyright © - Nisekoi - All Right Reserved

    Kerjaku Info Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan