• Thursday, September 7, 2017


    Melamar kerja selalu menjadi momok yang menakutkan pagi wisudawan ketika ingin mencari pekerjaan, mereka beranggapan melamar kerja adalah sesuatu yang susah untuk didapatkan dan itu hanyalah bermodalkan keberuntungan. Namun anggapan tersebut 100 % Salah, orang-orang yang beranggapan seperti itu biasanya adalah orang yang pesimis, kurang berusaha, dan  menerima apa adanya tanpa adanya keinginan untuk menjadi lebih baik.

    Melamar pekerjaan bagi orang yang sudah yakin dengan persiapannya, itu akan mereka jadikan ajang menjual diri alias memaparkan kemampuannya kepada berbagai perusahaan / tempat mereka melamar kerja supaya bisa diterima dengan mudah diperusahaan tersebut. Namun apakah anda tahu bagai mana tips dan trik para pelamar yang optimis diterima saat melamar kerja?. Berikut ulasan tentang cara jitu untuk diteruma kerjaa saat proses lamaran maupuntun interview.

       1.     Ketahuilah informasi dari perusahaan yang dilamar

    Yang ini sangatlah penting bagi fresh graduate, misalkan anda sudah memasuki tahap interview sedangkan anda tidak tahu alamat dimana interview dilakukan, itu merupakan sesuatu yang sangat beresiko bagi anda kan?.

    Kenali juga bagaimana kebiasaan di perusahaan tersebut, apakah perusahaan tersebut biasa mengunakan bahasa Inggris, atau Indonesia atau dari segi berpakain, apakah mereka mengunakan pakaian formal seperti kemeja atau mengunakan pakaian santai seperti kaos.

    2.      Ketahuilah posisi yang anda lamar / pilih

    Jika anda tidak mengetahui posisi yang dilamar atau asal-asalan maka anda akan kebingungan disaat interview apalagi jika saat interview anda ditanya-tanya, anda mau jawab apa?.

    Kita jangan memikirkan kerja yang enak, pahami keahlian kita, jika kita ahli dalam pemrograman dibidang IT maka ambilah tempat dimana anda bisa menerapkan bakat anda tersebut. Atau anda pandai dalam berbicara akankah lebih baik anda mengambil bidang hubungan masyarakat.

    3.    Siapkan pertanyaan maupun jawaban
    Ini merupakan bagian yang penting ketika anda ingin melakukan interview. Pada saat interbiew 

    anda akan ditanyakan pertanyaan-pertanyaan umum seperti “apa kemampuan yang anda kuasai?” , 

    “apa kelemahan anda?” , “mengapa anda tertarik untuk melamar diperusahaan ini?” dan yang 

    perlu ada jawab baik-baik adalah seperti pertanyaan “apa alasan ada pernah keluar / resign dari 

    perkerjaan anda yang lampau?” .

    Siapkan jawaban dari pertanyaan itu jauh hari sebelum anda melakukan interview, jangan anda hanya mengandalkan logika pada saat interview, pikirkan segala resiko dari jawaban anda.

    Kemudian siapkan juga pertanyaan yang bisa anda ajukan, pertanyaannya bisajadi seperti fasilitas yang disediakan, metode penilaian terhadap presetasi karyawan, evaluasi jenjang karier dll.

    4.   Datang tepat waktu
    Daripada telat , mendingkan anda lebih lama menunggu. Kenapa  harus demikian?. Ini merupakan prinsip yang harus dipegang sipelamar, mereka akan menilai kedisipilinanmu.

    Oleh sebab itu , siapkan diri sesiap mungkin , seperti jaga pola tidur, makan dan olahraga , biar saat interview kamu tidak datang telat dikarenakan alasan yang sangat-sangat mainstream.

    Jika rumah anda jauh dari tempat interview makan berangkatlah 2 jam sebelum interview. Pakai pola piker yang panjang, seperti pemikiran nanti macet, hujan deras ataupun ban bocor (kalau mengunakan kendaraan).

    5.   Kesan pertama adalah segalanya saat wawancara / interview
    Saat bertemu si pewawancara , jabatlah tangannya dengan erat dan dengan tatapan yang fokus beriringan dengan senyuman. Berpakaianlah sesuai dengan budaya perusahaan.

    Jika anda gugup, samapi keringatan dingin dan suasana menjadi krik-krik , maka sipewawancara akan kebawa dengan suasana tersebut dan itu akan menjadikan hal yang buruk bagi anda. Hidupkan suasana tersebut dengan senyuman dan jawaban pertanyaan yang tidak pendek-pendek, jawablah sejelas-jelasnya tapi jangan bertele-tele.

    6.  Perhatikan sikap tubuh dan gerak-gerik anda
    Saat wawancara / interview posisi tubuh anda harus dalam keadaan tegak, mata lurus kedepan menghadap si pewawancara dengan tatapan yang yakin dan tidak menakutkan pastinya.

    Taruh tangan diatas meja , tapi jangan kesannnya seperti bermalas-malasan, saat wawancara berbicara dengarkan dengan baik, jangan sampai anda terlewatkan satu topik saja.

    Jika anda menunduk, dan banyak gerak dan melakukan kebiasaan yang anda anggap wajar dilakukan seperti memainkan pulpen, maka sipewawancara akan kehilangan mood, dan resikonya anda akan dieliminasi.

    7.   Matikan alat komunikasi anda

    Tablet, handphone atau apapun yang anda bawa sebaikanya dimatikan saat interview. Kamu ga bisa membayankan bukan? Apa yang akan terjadi jika handphone kamu berbunyi disaat interview apalagi jika saat itu kita lagi asik-asiknya menjelaskan kelebihan anda, suasana akan menjadi pecah bukan?.

    Walaupun cuma getar, sebaiknya dihindari,karena pada saat wawancara akan terasa hening dan bunyi sedikitpun akan terdengan termasuk getar handphone anda. Dan jika berbunyi ini bisa menyebabkan konsentrasi anda dan sipewawancara menjadi hilang, nilai minus untuk keteledoran anda.

    8.   Ucapkan terimakasih dan bersalaman setelah interview
    Ini merupakan bagian yang tidak boleh anda lupakan, ini merupakan lambang kerja sama anda walaupun anda belum diterima kerja. Kesopanan anda merupakan nilai yang besar bagi mereka dan akan lebih baik terimakasih tersebut juga dikirimkan lewat email, atau kontak yang bisa anda hubungi.


    Sekian beberapa cara agar diterima saat melamar pekerjaan, mudah-mudahan berguna bagi sepembaca maupun penulis.

    Kurangi pengangguran Indonesia, jadikan Indonesia  negara tanpa pengangguran.






    0 comments

  • Copyright © - Nisekoi - All Right Reserved

    Kerjaku Info Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan